Edge-online telah memposting artikel menarik tentang
perbedaan kekuatan antara PS4 dan Xbox One. Berikut adalah kutipannya :
PlayStation 4 saat ini sekitar 50 persen lebih cepat dari saingannya, Xbox One.
Beberapa sumber pengembang game tingkat tinggi telah menggambarkan perbedaan
kinerja antara kedua konsol sebagai “signifikan” dan “jelas“.
Kontak kami telah memberitahu kami bahwa memori pembaca pada
PS4 adalah 40-50 persen lebih cepat dari Xbox One, dan ALU-nya (Arithmetic
Logic Unit) adalah sekitar 50 persen lebih cepat. Salah satu contoh dasar kami
disarankan tidak melakukan optimasi untuk konsol, pengembangan platform
agnostik dapat dijalankan sekitar 30fps pada resolusi 1920×1080 di PS4,
sedangkan pada Xbox One hanya berjalan dikisaran 20 fps pada resolusi 1600×900.
“Salah satu kelemahan pada Xbox One adalah penggunaan ESRAM-nya“, demikian
dikatakan oleh salah satu pengembang game.
Microsoft menyadari masalah itu, sehingga baru-baru ini
Microsoft segera menaikkan kecepatan clock Xbox One, dan bekerja keras untuk
menutup kesenjangan antara PS4 tersebut, meskipun salah satu pengembang
menragukan langkah yang dilakukan Microsoft tersebut dengan mengatakan, “Update
kecepatan clock tidak akan signifikan, tidak akan mengubah banyak hal, namun
langkah tersebut memang harus dilakukan, dari pada tidak ada tindakan sama
sekali“.
Sumber lain mengatakan, tidak adanya penguncian hardware
yang dilakukan pada kedua konsol. Sony dan Microsoft masing-masing masih
mengerjakan driver grafis untuk setiap konsol, dan Xbox One tertinggal dalam
hal ini. “Microsoft terlambat mengerjakan driver mereka dan hal tersebut
merupakan pukulan bagi Microsoft”, ungkap salah satu sumber. Driver grafis pada
Xbox One digambarkan sebagai sesuatu yang “mengerikan“. Driver grafis kedua
konsol akan terus ditingkatlan sampai saat peluncuran keduanya, dan Microsoft
akan berusaha mengejar ketertinggalannya sampai perbedaan performa yang
sesedikit mungkin.
Namun demikian, Xbox One masih memiliki keunggulan dari PS4
pada unsur lainnya. “Katakanlah anda menggunakan generasi prosedural
atau raytracing melalui permukaan parametric, yaitu menggunakan
banyak memori untuk menulis, dan tidak banyak menggunakan ALU untuk tekstru,
Xbox One kemungkinan besar akan lebih cepat dari PS4″, demikian diungkapkan
oleh pengembang lainnya.
Kedua perusahaan pengembang platform konsol tersebut tentu
saja mendorong pengembang untuk mengambil keuntungan dari fitur unik
masing-masing konsol (misalnya touch pad DualShock 4 dan Kinect),
tapi ada sedikit antusiasme antara pengembang-pengembang yang diajak berbicara
oleh Edge-online. “Sony dan Microsoft menginginkan para pengembang membuat sesuatu
yang berbeda dari platform mereka masing-masing, sehingga memberikan pijakan
yang kuat pada konsol mereka masing-masing untuk saling mengungguli satu sama
lain, tetapi tanpa adanya alasan yang kuat untuk melakukan hal tersebut atau
insentif yang baik, para pengembang mungkin tidak akan mau melakukan hal
tersebut”, demikian diungkapkan salah satu pengembang.
Memang, walaupun ada jurang yang cukup lebar dalam hal
kecepatan, perbedaan lintas platform dengan jeda peluncuran permainan akan
diabaikan, karena tenggat waktu yang ketat antara peluncuran kedua konsol,
sehingga lebih bijaksana bagi pengembang untuk sengaja membuat versi yang
hampir identik untuk kedua konsol game tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar